Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga: Cara Mudah Bisnis Tiket Online

0
8

tiket online

Bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan tanpa harus selalu keluar dari rumah, salah satunya adalah bisnis tiket online. Bisnis tiket online sangat menjanjikan dan menguntungkan. Sebab, setiap tahunnya penumpang pesawat terbang terus mengalami peningkatan. Pemerintah sendiri memprediksi bakal terjadi peningkatan penumpang pesawat domestik yag cukup besar sampai lima tahun kedepan. Meskipun nantinya akan diberlakukan open Sky, tetapi maskapai lokal tetap akan menikmatinya secara maksimal.

Cara Mudah Bisnis Tiket Online

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadi agen penjualan tiket secara online. Anda harus harus mencari agen besar untuk dijadikan mitra agen.

  1. Syarat menjadi agen
  • Registrasi via online.
  • Datang langsung ke kantor dengan membayar biaya agen.
  1. Keuntungan

Keuntungan yang didapat setelah melakukan registrasi dan administrasi oleh agen berbeda-beda, tergantung dari perusahaan induk yang mensyaratkan hal-hal khusus, misalnya sistem reservasi 24 jam, panduan reservasi, serta menjalankan lini bisnis tanpa ada biaya tambahan lagi. Berikut ini persentasi komisi yang didapatkan oleh agen:

  • 2,5 – 3,5 % untuk penjualan tiket pesawat domestik dan internasional
  • 7 – 25 % untuk voucher domestic dan internasional.
  • 5 % untuk paket tour domestic dan internasional
  • US$ 30 untuk perjalanan umrah dan haji (CGK)
  • 10% untuk rent car
  • 10% untuk antar jemput bandara
  1. Blog atau Website

Siapkan blog atau website khusus. Didalamnya harus terisi lengkap mengenai harga, jadwal penerbangan, maskapai, cara memesan tiket, nomor layanan, cara pembayaran, dan lain sebagainya.

Lihat juga : Lakukan 3 Jenis Promosi  Ini Agar Usaha Kuliner Anda Sukses !!

Kunci Sukses Bisnis Tiket Online

Pikirkan untuk mempunyai kantor dan pegawai kemudian, bisnis bisa dimulai dengan hanya bermodalkan laptop dan HP. Sebelum anda memulai bisnis rumahan ini, berikut ini kunci sukses menjalankan bisnis ini.

  1. Buat brand anda sendiri.

Brand adalah sebuah kepercayaan dan identitas dari bisnis anda. Jika bisnis belum berkembang, anda bisa memakai nama besar dari sebuah mitra agen. Namun, jika sudah berkembang  anda bisa membuat brand sendiri.

  1. Perkenalkan diri anda.

Yang perlu anda ingat, pada saat membuka usaha baru, jangan langsung berpikir tentang keuntungan, namun berusahalah agar dikenal banyak kalangan. Buatlah brand anda melekat dipikiran mereka. Bagaimana cara mudah agar anda dikenal oleh banyak orang? berikut tipsnya:

  • Ikuti seminar gratis atau pengajian setiap hari sabtu atau minggu untuk berkenalan dengan peserta seminar atau jemaah pengajian sehingga anda bisa berbagi kartu nama.
  • Bagikan brosur kepada para jemaah didepan masjid atau setiap mingg pagi di depan gereja.
  • Selipkan brosur usaha anda di koran-koran lokal. Dengan membayar 250 ribu anda sudah bisa menyelipkan brosur pada lebih dari 100 koran.

Baca juga : 3 Kiat Mengembangkan Bisnis Melalui Hobi

Potensi Pendapatan

Berikut ini simulasi potensi pendapatan yang bisa anda dapatkan dari bisnis tiket online.

  1. Dalam satu hari ada lima buah tiket yang terjual (untuk tempat strategis, bahkan bisa 100 tiket perhari).
  2. Satu kali penjualan tiket mendapat fee Rp 30.000 (fee tiket antara Rp 10.000 sampai Rp 250.000 tergantung harga tiket).

Keuntungan penjualan tiket perhari  = 5 x Rp 30.000

= Rp 150.000

Potensi keuntungan perbulan          = 30 x Rp 150.000

= Rp 4.500.000

Keuntungan diatas belum termasuk biaya operasional yang harus dikeluarkan perbulan seperti listrik, telepon, internet, pegawai dan operasional lainnya. Anggap saja pengeluaran perbulan Rp 1.500.000, maka pendapatan bersih anda Rp 3.000.000, cukup lumayan bukan mak? Tidak perlu terikat dengan jam kerja, tidak perlu harus pergi keluar kantor. Bisnis rumahan yang satu ini cukup dilakukan dengan memanfaatkan bagian depan rumah dengan menyulapnya menjadi ruang bisnis anda. Tertarik bisnis tiket online?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here