Ini Dia 10 Makanan Yang Menyehatkan Tulang

0
65

10 Makanan Yang Menyehatkan Tulang

10 makanan yang menyehatkan tulang, akan sangat baik jika diketahui. Tulang yang tidak dijaga kesehatannya akan mudah keropos atau terserang osteoporosis. Tidak ingin bukan, masih muda namun tulangnya tidak lagi kokoh dan sehat.

Ini Dia 10 Makanan Yang Menyehatkan Tulang

Sebagaimana bagian tubuh lainnya, makanan memberikan kontribusi untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi beragam makanan tersebut membuat tulang tidak mudah keropos atau terserang osteoporosis. Berikut adalah 10 makanan yang menyehatkan tulang:

1. Lemak Ikan

Lemak ikan kaya kalsium dan vitamin E. Ikan paling baik adalah ikan salmon.

2. Susu

Susu dikenal kaya dengan kalsium dan fosfor. Konsumsi susu secara benar akan mencegah resiko osteoporosis.

3. Kedelai

Kedelai kaya akan kalsium, protein dan magnesium. Semua zat tersebut dibutuhkan oleh tulang.

4. Bayam

Bayam mengandung zat besi dan vitamin A. Zat-zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan tulang. Anda yang alergi dengan susu sebaiknya mengkonsumsi bayam untuk kesehatan tulang.

5. Telur

Putih telur mengandung kalsium, sedangkan kuning telur menyimpan vitamin D. Kedua zat tersebut dipercaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis untuk kalsium. Vitamin D bermanfaat untuk mencegah rakhitis atau tulang lunak pada anak.

6. Pisang

Kandungan kalium (potassium) yang tinggi. Kalium meski jarang disebutkan untuk kesehatan tulang, namun manfaatnya cukup besar untuk kesehatan tulang. Jadi jangan kesampingkan konsumsi pisang yang harganya tidak mahal.

7. Gandum Utuh

Termasuk dalam kelompok gandum utuh, yaitu havermut, jagung, sorgum (buckwheat) dan beras merah. Makanan-makanan ini mengandung cukup serat, karbohidrat kompleks, dan magnesium. Ingin tulang sehat, maka rutinkan untuk mengkonsumsi gandum utuh.

8. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan, salah satunya kacang almond banyak mengandung lemak baik. Lemak baik ini berfungsi penting dalam mewujudkan kesehatan tulang.

9. Tahu

Tahu sebagai olahan kedelai, memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Jadikan tahu kudapan sehari-hari. Tanpa terasa anda sudah berusaha menjaga kesehatan tulang. Para ibu yang rentan terserang osteoporosis sebaiknya banyak mengkonsumsi tahu, dan tentu saja harus diimbangi dengan olahraga yang memadai.

10. Kentang

Kentang mengandung kalium dan mineral dalam jumlah yang cukup besar. Kedua zat ini bermanfaat dalam penyerapan kalsium. Sehingga meski tidak mengandung kalsium, peran kentang untuk kesehatan tulang cukup penting.

10 makanan tersebut bisa dikombinasikan dan tentunya tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Sesuatu yang terlalu banyak selalu menimbulkan dampak yang buruk. Konsumsilah secara bergilir 10 makanan yang menyehatkan tulang, untuk mendapat tulang kokoh tidak mudah keropos. Salam sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here